Jumat, 16 November 2012

Untuk Sobat Bumi, Untuk Energi, Untuk Bumi Kita


         Dalam masa sekarang ini banyak program yang dilakukan masyarakat, perusahaan maupun institusi dalam menghemat energi dan menjaga lingkungan . Tindakan-tindakan ini bertujuan  untuk pencegahan pemanasan global dan keterbatasan energi fosil yang semakin hari semakin berkurang. Oleh karena itu, saya sebagai salah satu sobat bumi melakukan penghematan energi melalui hal kecil. Misalnya, yang saya lakukan dan sobat bumi lainnya lakukan yaitu mematikan salah satu lampu didalam rumah (seperti, kamar mandi yang diperlukan saat mau mandi atau mencuci baju saja) adalah salah satu penghematan energi dari hal kecil. Kemudian ke hal yang semakin besar dengan penggunaan BBM yang sehemat-hematnya. Contohnya hanya menggunakan saat berpergian lebih dari 1 km. Sekarang gencar-gencarnya program bike to work itu juga salah satu solusi penghematan energi untuk mengurangi penggunaan BBM.
            Selain sobat bumi menghemat energi, alangkah lengkapnya dengan menjaga lingkungan. Cara menjaga lingkungan kita mulai juga dari hal kecil yaitu penanaman tanaman hias ditaman depan rumah. Secara otomatis kita akan menimbulkan rasa menanam pohon yang lebih besar. Seperti yang saya dan sobat bumi lakukan di lingkungan kampusku, diadakan acara gugur gunung dimana acara ini merupakan acara penanaman pohon di lingkungan kampus. Meskipun ini merupakan hal kecil tetapi akan berdampak besar pada bumi kita. Seperti kata Aa Gym "Kita mulai semuanya dari hal kecil dahulu".
           Setelah sobat bumi membahas tentang bagaimana menghemat energi dan menjaga lingkungan, sobat bumi pasti tahu mengapa harus menghemat energi maupun menjaga lingkungan. Energi fosil berupa minyak dan gas bumi ini semakin hari semakin berkurang. Jika energi tersebut habis apa yang sobat bumi pikirkan untuk energi penggantinya? (berpikir keras) hehe.... Saya sebagai salah satu sobat bumi mengusulkan energi alternatif sebagai pengganti energi fosil adalah penggunaan biodiesel. Penggunaan biodiesel di indonesia sangat cocok untuk dikembangkan karena Indonesia tidak sulit-sulit mencari bahan baku yaitu tanaman pertanian. Selain mudah didapat meskipun pengolahannya menggunakan teknologi khusus akan tetapi energi ini sangat mendukung untuk daerah seperti di Indonesia. Energi ini selain mudah memperoleh bahan baku juga ramah lingkungan, tidak menimbulkan polusi bahkan tanpa merubah mesin yang sudah ada. Penggunaan energi ini juga dapat mengurangi pemanasan global.
           Pertamina sebagai perusahaan BUMN yang bergerak pada penambangan minyak dan gas bumi sudah menyiapkan solusi-solusi untuk energi alternatif sebagai pengganti energi fosil ketika habis. Diantaranya dengan pengadaan lomba-lomba yang didalamnya mengandung aspirasi masyarakat luas untuk solusi tentang energi alternatif ini. Akan tetapi banyaknya solusi harus banyak juga dukungan dari pemerintah maupun masyarakat karena peran tersebut sangat menentukan terciptanya energi baru sebagai energi alternatif pengganti energi fosil yang nantinya akan membawa kesejahteraan masyarakat Indonesia. Saatnya kini sobat bumi menghemat energi dan menjaga lingkungan supaya terciptanya suatu kehidupan yang bebas polusi dan pencegahan pemanasan global. Selain itu, sobat bumi harus berperan aktif dalam pengadaan energi alternatif sebagai pengganti energi fosil ketika minyak dan gas habis.

link shorten : http://bit.ly/Energi13

12 komentar:

  1. Wah setuju bgt dg ide km ,,,perencanaan yg bgus n hrus trus dkmbgkan ,,,

    BalasHapus
  2. Terimakasih dukungannya.
    Butuh do'a dari semuanya. :)

    BalasHapus
  3. Setuju..
    memang penghematan energi harus dilakukan, terutama dari diri masing-masing. salah satu alternatif lain untuk menambah rasa tanggung jawab terhadap penghematan energi adalah membentuk organisasi kecil yang cinta lingkungan di kampus di lingkungan tempat tinggal dan di industri-industri kecil maupun industri skala besar. semoga langkah-langkah tersebut dapat meningkatkan rasa tanggung jawab untuk memelihara bumi Kita. thaks.

    BalasHapus
  4. Top, untuk bumi yang lebih baik

    BalasHapus
  5. Benar sobat. Kita harus meningkatkan rasa tersebut. Kita dapat memulainya dari hal kecil. Terima kasih juga atas kepeduliaannya yang telah sobat lakukan dan dapat mengajak sobat lain menghemat energi.

    BalasHapus
  6. meskipun sulit d terapkan "di sini" tapi itu merupakan ide yang cemerlang bro,,
    sulit bukan berarti gak bisa kaan????
    Semangat

    BalasHapus
  7. Semangat dulu intinya sobat. Jangan lupa niat dan tindakan untuk slanjutnya. Setujukah?

    BalasHapus
  8. Menyelamatkan Bumi Mulai dari Diri Sendiri,,,,,
    Kalau tidak bisa ikut serta menyelamatkannya, minimal jangan ikut merusaknya, demi bumi yang lebih baik.
    semangat yaaaaa,,,,lanjutkan :)

    BalasHapus
  9. setuju mas...go green. salam kenal :-)

    BalasHapus
  10. terimakasih semua atas dukungannya.. lakukan kegiatan apapun (yang positif) untuk menjaga bumi kita.. semangat semangat..

    BalasHapus
  11. Selamat malam mas bro.... wah wes teko makasar ta.. Minggu berarti gak iso melu seminar nuw.

    BalasHapus
  12. Malam juga mas..
    Iya mas maaf belum bisa ikut seminar..
    Semoga seminarnya lancar mas..
    Aamiin.. :)

    BalasHapus